Friday 19 February 2016

JABON PUTIH


bibit jabon putih (Budidaya Jabon)

Jabon putih (Antocephalus cadamba) memiliki daun yang halus dan tidak berbulu dengan lebar daun sekitar 20 – 30 cm. kayu budidaya jabon putih termasuk ke dalam kelas keras III dan kelas awet IV.

Pertumbuhan budidaya jabon merah dengan umur tanam tujuh tahun setara dengan budidaya jabon putih dengan umur tanam empat tahun. Pertumbuhan budidaya jabon putih relative kurang baik apabila berada di bawah naungan (toleran). Budidaya Jabon putih dapat dipanen pada umur 5 – 6 tahun. Pada umur enam tahun, volume rata-rata dalam satu pohon adalah 0,7 – 1,2 m3. Diameter batangnya dapat tumbuh hingga 10 cm per tahun.

Suhu lingkungan optimum untuk pertumbuhan budidaya jabon sekitar 22 – 29°C. ketinggian lahan optimal untuk lokasi budidaya jabon sekitar 10 – 900 meter dpl. Bahkan, ada beberapa petani yang mengatakan bahwa budidaya jabon masih dapat tumbuh hingga ketinggian 1.500 meter dpl. Curah hujan tahunan yang diperlukan budidaya jabon sekitar 1.500 – 5.000 mm per tahun. Budidaya Jabon mampu bertahan saat musim kemarau hingga tiga bulan tanpa mengalami kerusakan.

No comments:

Post a Comment